KKN TEMATIK FIB UB 2016

Di akhir semester 5 lalu fakultas ilmu budaya ub sudah membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang sudah menempuh sks minimal 90 sks untuk melakukan salah satu kewajiban kuliah yaitu KKN untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari oleh mahasiswa selama kuliah di fakultas ilmu budaya. Aku langsung interest banget pas tau pendaftaran KKN udah dibuka. KKN di fakultasku dibagi menjadi 2 yaitu KKN Tematik dan magang di perusahaan. Karena aku ga begitu suka sistem kerja yang monoton duduk di kursi kantor berhadapan dengan komputer dan tugas dari atasan yang masih belum diketahui sebelumnya, jadi aku pengen mencoba tantangan untuk mengikuti KKN Tematik yaitu pengabdian masyarakat ke desa-desa di sekitar batu atau pujon yang tentunya masih dekat dengan malang. Kegiatan KKN ini akan berlangsung selama liburan semester pada bulan januari-februari, aku harus rela untuk ga pulang ke bekasi. Jadi saat minggu tenang sebelum uas aku sempatkan untuk pulang ke bekasi walaupun cuma 10 hari :’)
Oke waktunya daftar KKN. Denger-denger dari senior kalo kita daftar bareng temen 2-5 orang secara bersamaan kemungkinan bisa satu kelompok. Jadi aku waktu itu daftar bareng beberapa teman supaya ga kikuk kalo campur sama jurusan lain nantinya.

Pengumuman kelompok KKN pun sudah keluar. Degdegser rasanya gatau bakal sekelompok sama siapa, takut banget ga enak kelompoknya dan takut ga ada yang dikenal. Ternyata, ga sesuai sama apa yang udah diprediksi, teman2 yang daftar bareng aku ga ada yang sekelompok sama aku, ternyata pembagian kelompok dilakukan berdasarkan urutan nomor handphone. Bener-bener ga terduga. Tapi alhamdulillah ada beberapa teman sejurusan yang emang udah aku kenal.

Hari pertama dan kedua KKN aku ga ikutan dulu soalnya aku masih harus ngurus piala rektor fib, jadi aku harus izin untuk sementara waktu. Jujur ga enak banget sama temen2 kelompok, apalagi masih belum terlalu kenal takutnya bakal kikuk nanti karena aku belum nyampur sama mereka dari awal.
Alhamdulillah urusan dengan kemahasiswaan terkait persiapan piala rektor fib udah cukup untuk diawal, jadi kemungkinan aku bakal izin lagi di tengah-tengah KKN nanti tapi sebelumnya aku memang udah izin sama ketua kelompok KKN yaitu maria. Alhamdulillah teman2 juga ngertiin.
Awal-awal mungkin emang teman2 belum secara keseluruhan nyampur karena masih agak jaim mungkin, tapi lama-lama setelah berjalannya hari-hari selalu bareng sama mereka, rasanya udah kaya sama keluarga sendiri. Seru banget, setiap hari mesti ketawa! Ada aja yang dibahas, ada aja yang dibercandain. Dan adaaaaa ajaaaa yang DIBULLY.
Alhamdulillah nya lagi rata2 anak2 pada bisa masak semua kecuali aku. Haha. Jadi anak2 pada seneng banget nongkrong di dapur. Cowok juga loh. Haha.

Aku disana sekamar bareng sama mbul, lenong, mbami, sama dwita. Mbul, lenong, sama mbami dijulukin trio lemak jenuh haha.


Lucu deh pokoknya mereka. Awalnya aku pikir lenong sama mbami agak jaga jarak gimana gitu, tapi karena kita akhirnya udah tau kebiasaan buruk sebelum tidur masing-masing, jadinya setiap sebelum tidur kita mesti rumpik cantik ketawa-ketawa kaya orang gila hahahaha. kalo kata mbami.... 'koyo wong suwinteeeeenggggg' Seneng banget bisa sekamar bareng mereka hahahaha. walaupun kalo tidur agak2 butuh usaha ya supaya ngerasa lega haahhahaha.

Nah ini foto2 kegiatan mapping kita pertama kali di desa sumberejo. Minus mas rendra nih heuuuu....






Pas mapping ini kita diajak buat liat2 lokasi perkebunan sayur sama persawahan yang cukup luas. Banyak pemandangan bagus yang kita lewatin pokoknya seru banget :)



Ini waktu kegiatan malem2 kita mau ikut pengajian acara maulid Nabi yang diadakan masyarakat desa sumberejo untuk memperingati perayaan hari besar islam yaitu maulid nabi :)









ini kegiatan pas kita dikasih kesempatan buat jadi fasilitator outbond adek2 di selecta :) Seru banget bisa main bareng sama adek2! :D




Sebagian pada jadi fasilitator ibu2 & bapak2 di songgoriti.




ini waktu kita mau persiapan acara jalan sehat kerjasama bareng fakultas MIPA UB.


Sayangnya waktu itu hujan :( Tapi ibu-ibu tetep semangat banget :)










foto sama anak2nya faris ahahaha :D


failed pose :D


Berani kotor itu baik :D


walaupun paginya diguyur hujan tapi warga tetep semangat mengikuti acara sampai selesai dan akhirnya pada akhir acara mataharinya terik banget:3 terimakasih warga desa sumberejo :)




Kegiatan les-lesan rutinan di basecamp :)


Kelakuan sehari-hari wkwkwkwkw semuanya tukang makaaaaannnnn :D







Kegiatan belajar-mengajar di SD Sumberejo 1, 2, dan 3 :)




Kunjungan ke rumah pak rusjianto petani mawar. Sharing-sharing tentang pengelolaan bunga mawar dan hasil produksi mawar :) Bapaknya ramahhhhh bangettttt...... :)








Sekali2 hangout bareng! :)




Ga kerasa udah hampir 30 hari di seumberejo. saatnya pamitan sama adik2 SD Sumberejo :) i'm gonna miss you guys!!!


Pengalaman berharga bisa berkesempatan untuk mengajar di SD Sumberejo :)bertemu dengan adik2 yg aktif dan bersemangat untuk belajar :) bener2 belajar melatih kesabaran dalam menghadapi anak2 dan selalu harus berinovasi dalam menyampaikan materi supaya anak2 ga bosen. Tetap semangat ya adik2! Semoga kita bisa ketemu lagi :) terimakasih SD Sumberejo 1, 2 & 3 :) #KKNFIB2016 #sumberejo






kelakukan malem2 terpaling ga jelas haahahahaahah begadang bareng2 cuma buat mewarnai kartu faber castlenya mbami wkwkwkwkw






ini foto2 waktu kegiatan lomba hijab ibu2 PKK Desa Sumberejo :) For the first time aku dapet pengalaman jadi MC hahahaha didandanin kek gitu yaampuuuunnnn but thankyou mbami for this make up and wardrobe hahahahaha thankyou juga buat kerudungnya vitta hahahaha



Foto sama mas2 gondrong musisinya sumberejo temen satu piket tiap hari sabtu yang kalo piket formasinya ga pernah lengkap gegara sering izin wkwk biarpun tampilan sangar dan awalnya gue sempet takut tapi hati hello kitty kok ya haha cepet lulus yo mas mas!


















Otsukaresamadeshita keluarga besar kkn tematik sumberejo♥♥♥ banyak banget suka duka yang dilewatin bareng2 selama 1 bulan.. nangis bareng, ketawa bareng, masak bareng, gila bareng, begadang bareng, emosi bareng, capek bareng. Lengkap banget semuanya kalo lagi sama kalian:3 makasih banyak buat ibu ketua yg sabarnya luar biasa ngadepin 14 anak yg punya karakter beda2 yg kadang ngeyel kalo dibilangin haha makasih bangettt buat kesolidan kelompok kita yg selalu ketawa ga ada abisnya :D banyak pembelajaran berharga yg bisa diambil selama bareng2 kalian di desa sumberejo :) terimakasih banyak guyssss!!terimakasih banyak desa sumberejo♥♥♥ #KKNFIB2016#SumberejoFantasy #Sumberejo




Terimakasih kalian sudah menjadi sangat berarti :) Terimakasih sudah memberikan kebahagiaan :) Terimakasih keluarga KKN Tematik Desa Sumberejo Batu :)

https://www.instagram.com/p/BBuiFDCKDTs/?taken-by=lenonghah

https://www.youtube.com/watch?v=pmHk18aZg10

Komentar