Kartini Masa Kini


“Bermimpilah, bermimpilah, dengan hal yang demikian hatimu merasa berbahagia, mengapatah akan tidak?” 
 
Raden Adjeng Kartini

Apa kabar perempuan Indonesia hari ini? Apa masih memiliki mimpi-mimpi besar yang belum tercapai? Apa masih terhalang oleh segala batasan?
Seringkali kita mendengar sebuah kalimat yang berbunyi seperti ini, “buat apa sekolah tinggi-tinggi? toh ujung-ujungnya kamu hanya akan berada di rumah, mengurus anak di rumah”, “gapapa perempuan ga usah jadi terlalu hebat, toh akan berakhir di rumah, ga usah ribet-ribet pengen kerja jadi apa”
Apakah kita benar-benar sudah terlepas dari sebuah batasan?
Pada kenyataannya, terkadang batasan itu kita buat sendiri. Tanpa sadar, kita sering sekali tersugesti dengan kata-kata umum tersebut tentang perempuan. Kadang kala kita merasa bahwa benar kemampuan perempuan tidak bisa disamakan dengan laki-laki, karena perempuan lebih sering menggunakan perasaan daripada logika sehingga hal tersebut dapat menghambat kinerja perempuan.
Sebenarnya tidak seperti itu, perasaan kita tentu saja sudah fitrahnya seperti itu. Kita tetap bisa menggunakan logika kita dengan baik. Kita tetap bisa menstabilkan rasa dan logika yang kita miliki. Jangan jadikan semua itu sebagai alasan. Jangan membuat-buat alasan. Kita hanya akan bertemu jalan buntu.
Bermimpilah.. sampai kamu tak menyadari bahwa kamu sedang bermimpi. Raihlah apa yang ingin kau raih. Berusahalah.... sampai batas terpuncakmu. Sampai lelah menghampirimu. Tak ada batasan untuk kita mengeksplorasi diri kita. Tak ada batasan untuk mengepakkan sayap lebih tinggi. Tak ada batasan untuk kita terus berkarya dan melakukan perubahan. Kita sebagai perempuan punya keistimewaan tersendiri. Kelak kita akan mewarisi apa yang kita miliki kepada generasi penerus kita. Generasi masa depan. Generasi harapan bangsa.
Aku sekolah bukan hanya untuk diriku saja, tetapi untuk penerusku yang layak mendapatkan pendidikan yang baik.
Aku masih berproses. Aku belumlah sehebat itu, tapi aku ingin terus belajar. Aku ingin terus menikmati setiap proses pembelajaran yang ku lalui.

“Cita-cita itu ialah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkan pada Kesempurnaan.” 
 
Raden Adjeng Kartini, Brieven Aan Mevrouw R.M. Abendanon Mandri En Haar Echtgenoot Met Andere Documenten

Bersemangatlah kita semua! Bersemangatlah untuk terus meningkatkan kualitas kita sebagai manusia yang punya cita-cita mulia. Janganlah goyah dengan permasalahan-permasalahan klasik anak muda. Berkarya! Tinggalkanlah jejak-jejak berarti dalam setiap langkah kehidupan.
Aku ingin terus melangkah dengan baik. Aku ingin terus bergerak pasti.

Teruslah bersemangat kartini masa kini... walau gelap jadilah cahaya dimanapun kamu berada. Jadilah cahaya yang memberikan sinar kebermanfaatan. Jadilah perempuan hebat sesuai versimu. Jadilah perempuan tangguh yang tak mengeluh. Teruslah semangat berproses wahai para pejuang kartini masa kini. Aku. Kamu. Kita. Bisa!

Komentar