Diskusi Ria

Suatu hari pernah diskusi banyak sama herdika dan resda. Bahas tipe-tipe introvert dan confidence person. Ternyata ga semua orang introvert sepenuhnya pendiam, ada beberapa tipe orang yang hanya introvert pada sisi tertentu saja, ada beberapa yang mungkin kurang peka terhadap sekitarnya, namun tak pernah ragu untuk bertanya apapun yang ada di dalam kepalanya. Ada pula introvert hanya kepada orang-orang tertentu saja, ia dapat terbuka dengan orang yang hanya dianggapnya nyaman, ia dapat dikatakan orang yang termasuk pemilih.
Resda sempat bilang, terbentuknya sikap seseorang ditentukan dari input yang ia dapatkan, bagaimana lingkungan berpengaruh dalam pembentukan karakter sesorang. Entah background keluarganya yang diktator atau pengalaman pernah dijatuhkan orang lain ataupun background keluarga yang kurang harmonis, segala macam faktor bisa saja berpengaruh terhadap pembentukan karakter sesorang. Menurutku, salah satu pengaruh kurangnya rasa percaya diri terhadap diri sendiri dan perilaku tertutup juga salah satu faktornya adalah orang itu merasa belum merasa nyaman pada dirinya sendiri, ia belum mengenal secara utuh tentang dirinya dan sulit menerima apapun yang ia miliki pada dirinya sehingga ia kurang merasa sayang pada dirinya sendiri.

Apapun faktor seseorang tertutup dan lain sebagainya sebenarnya selama ia ingin berubah menjadi lebih baik akan selalu ada jalan untuknya. Biarpun orang menjelekkannya beribu-ribu kali selama ia tidak pernah berhenti untuk belajar maka akan selalu ada kesempatan untuknya agar lebih percaya diri lagi. Rasa percaya diri bukan lahir begitu saja, ia dapat dibentuk dalam diri kita, selama kita percaya bahwa kita bisa melakukan yang terbaik untuk diri kita, kita pasti bisa untuk percaya diri dalam segala hal. Introvert bukan hal yang buruk, namun alangkah baiknya jika kita mau membuka diri, bersosialisasi, dan menyebarkan kebahagiaan kepada sekitar kita. Selagi ada kesempatan, berbahagialah.. sayangi diri kita, percaya pada kemampuan yang kita miliki.

Komentar