Artspace At My Faculty :) 'Pameran Karya Seni Rupa FIB Dedicated Aesthetic 2'



Hello guys! Kali ini gue mau bahas tentang project anak seni rupa FIB UB atau yang biasa disebut 'Aksen'. Ini sebenernya project tahunan mereka yaitu pameran karya seni gitu guys, tapi yang beda kali ini adalah lokasi pamerannya, biasanya kan selalu di Hall FIB yang setiap orang lewat pasti lirik terus melipir hehe nah sekarang karena FIB udah punya aula jadi aula FIB dibuat jadi kece banget nih dengan karya-karya anak seni rupa, berasa lagi di Galeri Nasional Jakarta haha soalnya emang penyusunan displaynya kece banget terus lightingnya juga dapet banget. Acara seni rupa ini disebut Dedicated Aesthetic bertema Rambate Rata Hayo. Ga cuma karya mahasiswa yang dipamerin tapi juga karya dosen juga dipamerin, lukisan di atas gue ini salah satu lukisan dosen seni rupa loh.. kece kan :) gue suka sih sama karya lukisan di atas, nyentrik, unik dan padu padan warnanya juga asik. Lukisan di atas salah satu lukisan yang paling sering difoto sama mahasiswa-mahasiswa hits wkwk
Btw, pameran ini ga cuma diramein di aula aja tapi di sekitaran UB di dekor jadi unik dan nyentrik banget, di bagian green grass banyak dipasang boneka semacam kaya jelangkung gitu agak ngeri sih kalo lewat jalan kembar malem-malem haha :D terus banyak coretan-coretan abstrak di halaman kampus, pokoknya kalo ke fakultas berasa banget aura seni-seninya gitu :D




Entah kenapa dari dulu gue suka banget sama karya seni apapun itu, gue kaya kebawa suasana gitu, kaya terbawa sama alur lukisan-lukisannya haha. Gue bisa betah lama-lama nikmatin karya-karya seni ga cuma sekedar foto loh ya wkwk. Soalnya sekarang kan udah banyak ya museum yang pajang karya seni dimana-mana, tapi bukan jadi sarana edukasi atau apresiasi malah cuma sekedar jadi tempat foto OOTD aja kan sayang ya :") tapi, ada sisi positifnya juga sih dari situ kan semakin banyak yang berkunjung dan apresiasi karya :)


Ini merupakan salah satu pesan dari ketua pelaksana pameran seni rupa dedicated aesthetic yang mengusung tema rambate rata hayo. Pesannya bahwa dengan adanya pameran ini ingin menggambarkan rasa gotong royong yang memang sudah menjadi ciri khas negara kita yang ingin diangkat dan dimaknai bersama makna dari gotong royong itu sendiri. Kece tulisannya!




Kalo udah masuk sini bakal disuguhin sama banyak lukisan-lukisan keren dan padu padan warna yang asik banget :)


Salah satu lukisan abstrak :)


Bagian luarnya kaya gini guys :)


Maapin ga bisa gaya atuh :")






Setiap lukisan punya maknanya tersendiri :)




Asik yaaa aula dimanfaatkan dengan kece kaya gini :) semoga ga cuma pas kaya gini aja, tapi juga bisa dijadiin sarana pameran edukatif buat memperkenalkan masing-masing jurusan yang punya ciri khasnya masing-masing :)


Gue jadi inget pas pernah ikut tes wawancara sebagai syarat masuk jurusan pendidikan seni rupa di salah satu universitas negeri yang ada di bandung beberapa tahun lalu, salah satu dosen menanyakan satu hal yang sedikit bikin gue terdiam saat itu, beliau bertanya "jadi kalo udah masuk sini apa kamu siap jadi orang gila?"
Saat itu gue cuma bisa senyum sambil mengangguk ragu.
Tapi ternyata esensi dari kata gila disini dapat diartikan bahwa anak seni itu harus siap gila dalam mengekspresikan idenya melalui sebuah karya, gila dalam mewujudkan karya yang terbaik yang dapat dinikmati oleh orang sekitar, gila dalam melakukan kegiatan berkesenian sampai lupa bahwa ia melakukan itu bukan sekedar untuk ingin dihargai tapi dengan berkarya ia merasa bahagia. 



#DedicatedAesthetic #SeniRupaFIBUB

Komentar