Bertepuk Sebelah Tangan

Ketika hanya bisa mencintai sendirian aku tak apa. Ketika harus bertepuk sebelah tangan aku harus menerimanya. Ketika cinta bertepuk sebelah tangan itu sudah bisa membuatku melihat kalian tumbuh dan mempunyai pilihannya masing-masing aku bahagia.
Kata orang melepaskan untuk mencintainya utuh karena ingin melihatnya bahagia itu bullshit. Tapi bagiku tidak, mengapa? Sebetapapun menyakitkan yang kau rasakan selama kita bisa memberikan kesempatan orang lain untuk merasakan kebahagiaan mengapa tidak?
Jika mengutip kalimat dari film rudy habibie,
Jadilah mata air yang baik maka ia akan mengalir dengan baik dan memberikan banyak manfaat. Air tak pernah mengeluh ia harus mengalir kemana, meski harus bertemu bebatuan ataupun kotoran ia hanya ingin mengalir dan memberi banyak manfaat. Meski sekelilingnya belum tentu mencintainya sepenuhnya, karena cinta tak perlu selalu berbalas. Karena hati tak bisa dipaksakan kemana ia harus berlabuh, biarkan cinta itu tumbuh dan bersemi memberikan kebahagiaan untuk sekitarnya. Tak perlu orang lain tau seberapa besar rasa cinta itu, karena cinta itu dirasa, cinta itu fitrah. Tak apa tak berbalas, tak apa bila sakit, aku hanya ingin cinta itu dapat tumbuh dan bersemi dengan manis di sepanjang perjalanan kalian.

Terimakasih banyak untuk semua keluarga di Malang. Yang akan selalu aku anggap sebagai keluarga, meski aku hanya bertepuk sebelah tangan.

Dari seseorang yang selalu mengharapkan kita semua saling mencintai.

Komentar