Wisata Museum di Malang "Museum Bentoel"


Jadi minggu kemarin secara ga sengaja gue ngajak darya main, dan ga sengaja kepikiran pengen ke museum bentoel salah satu museum sejarah di Malang. Tempatnya di sekitaran pasar besar, ga jauh kok dan gampang aksesnya kalau mau naik angkot tinggal naik yang ke arah pasar besar aja terus cari jalan Wiromargo.

Kebetulan kemarin gue sama darya naik angkot terus langsung nanya tukang becak eh ternyata deket gitu sih tempatnya dari turun angkot, dan ternyata daerah itu pernah gue lewatin pas gue main ke pasar besar sama anggi. Emang rada ga keliatan gitu tempatnya padahal di pinggir jalan dan kaya tutup gitu sih. Pas gue sama darya masuk asli itu sepi banget deh, yang dateng cuma gue sama darya berasa rumah sendiri. Asik sih bisa jalan-jalan di tengah-tengah kesuntukkan semester tua hahahah. Sebenernya gue ga suka sama rokok atau apapun tentang rokok, tapi gue penasaran aja sama museum yang satu ini hehe karena lokasinya juga yang deket sih bisa sekalian muter-muter di pasar besar hehe. Ya jadi banyak tau tentang sejarah pabrik rokok ini, tapi sekedar tau aja yaaa hehehe. Untungnya masuk museum ini gratis koookk tenang aja hehe.

Btw, Museum bentoel ini isinya tentang catatan sejarah pabrik rokok gitu. Museum Sejarah Bentoel dulunya adalah sebuah rumah yang digunakan sebagai usaha kecil-kecilan Rokok Bentoel. Usaha ini didirikan oleh Ong Hok Liong pada tahun 1925. Perusahaan ini berada di Jl. Pecinan Kecil no.32 Malang yang sekarang bernama Jalan Wiromargo. Pada masa sekarang, rumah ini digunakan sebagai museum sejarah Pabrik Rokok PT. Bentoel, sedangkan saat ini Perusahaan dan Kantor PT. Bentoel berada di Karanglo, Malang dengan manajemen baru mengukuhkan diri menjadi PT. Bentoel Prima.




Ini bagian depan museum bentoel.



Ini bagian dekat pintu masuk museum.



 



Awal masuk museum ruangannya seperti ini guys :)






Ini bagian tengah museum. Banyak dokumentasi sejarah yang diabadikan di bingkai foto yang dipasang di setiap dinding dan perabotan jaman dulu.




Jadi di museum bentoel ini ada beberapa ruangan-ruangan dan di setiap ruangannya punya tatanan dekorasi dan informasi yang beda-beda. Ini salah satu sudut yang cukup hits dan instagramable gitu hehe. Ini merupakan kumpulan bungkus rokok macem-macem dan sesuai sama versi tiap tahunnya sepertinya.



di ruangan ini terdapat jendela jaman dulu yang cukup nyentrik. di ruangan ini juga terdapat beberapa layar monitor dan headphone tapi sayang kurang dimanfaatkan dengan baik jadi cuma sekedar dipasang aja gitu di dinding, padahal bisa jadi sarana informasi bagi pengunjung, ya mungkin karena pengunjungnya juga sedikit jadi agak mubazir kalo dinyalakan hehe


ada beberapa petunjuk arah di sekitar ruang tengah.



ini bagian sebelah ruangan sebelumnya, disini terdapat gambar-gambar cover rokok jaman dulu beserta dokumentasi-dokumentasi tentang pendiri pabrik dan suasana pabrik rokok pada saat itu.



di depan ruangan tadi ada ruangan yang menjelaskan tentang alat pembuatan rokok, macam-macam rokok, info seputar rokok dan cara membuat rokok.





nah ini macam-macam jenis rokok dari berbagai daerah yang memiliki aroma yang berbeda-beda.




nah di dinding ini dijelaskan bagaimana proses pembuatan rokok kretek.



ini dokumentasi-dokumentasi yang terpajang di setiap dinding ruangan tengah.

Nah gitu deh, wisata museum bentoel. Museum ini ga begitu luas dari segi bangunannya tapi halamannya lumayan luas. Sayangnya museum ini masih kurang terekspose dan kurang diperhatikan banyak orang, mungkin karena cuma 'gitu-gitu aja' tapi sayang banget sebenernya museum itu bisa jadi destinasi wisata yang seru loh. Kita jadi tau banyak tentang sejarah yang ada di museum itu. Semoga museum ini bisa dirawat lebih baik dan difungsikan sebagaimana mestinya. Apalagi letaknya di kawasan pasar besar yang rame banget banyak orang yang pasti berkunjung ke pasar besar tiap harinya. Malang sendiri belum begitu banyak memiliki museum yang memang benar-benar dikunjungi oleh banyak wisatawan. Museum ini baru pertama kali gue datengin, setau gue di malang ada museum malang tempo dulu sama gue lupa namanya apa, tapi ya gitu masih belum banyak peminatnya yang mau berkunjung untuk wisata sejarah karena mungkin kurang luas dan kurang difungsikan dengan baik juga. Justru yang lebih rame malah museum angkut di batu, karena memang museum ini besar dan banyak kawasan-kawasan seru di sekelilingnya jadi orang-orang ga bakalan bosen. Oh ya, ga di malang ga di jakarta museum terkadang cuma dijadiin tempat buat foto-foto aja tanpa benar-benar mau cari tau tentang apa yang dibahas di dalam museum itu. Semoga kita bisa jadi wisatawan yang cerdas dan tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata ya! :)

Kelar dari museum bentoel gue sama darya muter-muter deh di pasar besar hehe. Kita main-main ke petra liat aksesoris lucu-lucu hehe. Abis itu kita jajan degan dulu sambil ngaso bentar.


melepas dahaga :D


eh nemu spot bagus numpang foto dulu lah bentar haha warnanya asik sih :D


Abis itu kita main-main di alun-alun. Rame bangettttt hari ituuu! secara long weekend yaaa.


Sorenya makan sate di deket pasar besar. Porsinya porsi orang diet haha ternyata enak juga :D


Abis solat ke alun-alun lagi, nah sampe lupa waktu kan hahahaah. Ga jelas banget kita di alun-alun :D Well, thanks for today! Liburan ala-ala singkat sederhana tapi seneng hehehe.

Semoga bermanfaat ya! hihi :D

Source : http://www.tempatwisatamalang.com/museum-bentoel-malang/






Komentar

Posting Komentar