Merantau

Kehidupan merantau itu mengajarkan banyak sekali hal yang sebelumnya belum pernah gue rasain. Merantau membuat gue memaknai sebuah rasa rindu yang sebegitunya selalu gue rasain kalo bener-bener lagi sendirian. Rindu yang membuat gue terkadang sedih atau bahagia. Rindu sama rumah. Rindu sama keluarga. Rindun masakan ibu. Rindu pelukan ibu. Rindu berantem sama aa. Rindu sama sahabat. Rindu comfort zone gue. Merantau mengajarkan gue bahwa hidup itu ga bisa dijalanin seenaknya, kita harus bisa mengontrol diri kita, mengatur waktu dengan baik, dan membuat aktivitas kita harus lebih produktif.

Anak rantau itu harus kuat, ga boleh cengeng, meskipun lagi banyak masalah dan gatau harus cerita ke siapa kita harus tetep kuat dan tangguh jalanin hidup kita.
Anak rantau itu harus hemat. Jangan kebawa sama temen-temen yang suka hedon hehe harus pinter-pinter ngatur duit atau siap-siap aja di akhir bulan ngemie lagi haha. Kalo mau gitu, harus siap buat part time tapi kuliah jangan sampe keganggu. Banyak kok di malang tempat buat part time mahasiswa, tapi ya itu kudu strong bagi waktu sama yang kuliah apalagi sama yang organisatoris. Malang tuh banyak banget godaannya kalo soal boros-borosan haha tapi ga separah jakarta atau bandung ya. Soalnya di sekitaran kampus dan kosan banyak banget tempat makan, jajan, toko aksesoris dan itu semua harganya miring-miring gitu lah sesuai kantong mahasiswa, tapi kalo kelepasan terus belinya banyak dan berlebihan kan bahaya sama aja lo bakal nguras kantong haha. Sebisa mungkin inget orang tua kalo lagi kepingin ini itu, orang tua ngirimin tiap bulan buat kita hidup buat kita belajar bukan sekedar just for fun :D
Merantau ngajarin gue untuk selalu inget ortu kalo mau ini itu, betapa mereka bekerja keras berjuang untuk menafkahi kita yang jauh dari mereka. Merantau itu ngajarin gue untuk disiplin sama diri sendiri, karena ga ada yang ngingetin secara langsung, ga ada yang masakin tiap hari, ga ada yang marahin atau ngelarang pulang kemaleman. Tapi kita harus sadar, dengan begitu orang tua udah percaya banget sama kita, karena kita juga udah besar, kita harusnya udah tau mana yang baik dan ga baik untuk kita. How we can control ourself. Kuncinya sih itu deh.

Kuatin mental lah intinya. Perlakuan orang lain disini dan disana pasti beda-beda, kurang-kurangin bapernya ketika perlakuan orang lain ke kita ga sesuai harapan. Saling menghargai. Baik itu pendapat maupun perbedaan budaya. Jangan asal judge orang sebelum bener-bener tau orang itu seperti apa. Pesen ibu dari dulu ke gue adalah kalo kita baik sama orang, orang lain juga pasti akan baik sama kita. Walaupun mereka bersikap ga baik ke kita, jangan dilawan jahat juga. Jangan asal judge orang itu ga baik, siapapun pasti punya sisi baiknya. Dimanapun kita, bersama siapa kita, kita harus tetap bersikap baik dan saling menghargai. Gue pegang banget kata-kata ibu. Karena gue merantau, gue ga mau cari musuh, gue pengen adem-adem aja ke semuanya :)

Merantau selalu bikin gue ngerasa, gue pulang karena gue punya seseorang yang akan menunggu gue di rumah. Ibu bapak seolalu rutin nelfon gue, selalu nanyain gue dimana, makan apa, ya seperti pada umumnya orang tua. Tapi kadang gue suka minta untuk ga ditelfon soalnya itu bikin gue sedih. Gue beberapa kali kalo lagi down banget sering kali nangis pas abis ditelfon. Gatau kenapa kangen banget denger suara orang tua dan berharap mereka ada di sisi gue.
Gue bertahan semuanya demi orang tua gue. Meskipun kehidupan merantau ga selalu menyenangkan tapi gue harus tetep bertahan demi orang tua gue. Gue harus menyelesaikan apa yang sudah gue mulai.

“Serumit apapun perjalananmu, kamu harus tetap melihat ke depan, teruskanlah perjalananmu sampai bertemu pada tepinya. Kuatlah, kamu akan sampai sebentar lagi.”


Gue pasti pulang.
Terimakasih sudah selalu setia untuk menunggu :)

Komentar