"kenapa harus nikah?" just opinion ^^

Gambar terkait

Suatu hari temen gue pernah bilang, kenapa harus nikah? Seberapa pentingnya pernikahan dalam hidup kita? Kenapa kita butuh cowok untuk mendampingi hidup kita? Katanya sayang nikah cepet-cepet karena nantinya lo cuma bakal berakhir di dapur dan ngurus anak. Masa depan lo bakal terganggu dan lo ga bisa nikmatin hidup lo.

Gue rada kesel sih sebenernya denger pendapat kaya gitu, meskipun gue juga gatau kehidupan pernikahan itu seperti apa tapi nanti kan tergantung gimana lo bekerja sama dalam membangun mahligai rumah tangga sama pasangan lo kan.. duhhh bahasa gueee :D

Gue akhirnya nanya ke temen gue di grup CAPIN, salah satu grup yang isinya sahabat-sahabat gue yang beberapa anaknya sangat mendukung pernikahan muda dan beberapa udah pada siap gitu :D
Ini nih jawaban dari temen gue ketkia gue nanya gimana pendapat kalian kalo ada temen kalian yang ga mau nikah karena sayang kalo nikah muda ujungnya Cuma bakal berakhir di dapur dan ngurus anak?

“gue pengen nikah muda bukan sembarang pengen.. hal pertama ketika gue pengen nikah muda. Gua bilang ke pihak yang mau halalin gue supaya gak ngelarang gue kerja bahkan main sama sahabat gue kemanapun karena gue hobi banget jalan-jalan.
Gue juga ga mau dilarang kerja sama suami gue atau pihak keluarga suami gue sekalipun hidup udah berkecukupan dan berlebih..

kenapa?? Wallahu’alam..
entah siapa yang akan wafat lebih dulu. Gue atau laki gue.. gue selalu berusaha untuk ngasih yang terbaik untuk suami dan anak-anak gue nanti.
Kalau Allah berkehendak mengambil suami gue dulu, ga ada keinginan untuk gue nikah lagi. Gue lebih milih kerja untuk anak-anak sampai mereka terpenuhi kebutuhannya. Kalau gue dibiasain ga kerja nanti siapa yang akan nafkahi anak-anak setelah kepergian suami gue kalau bukan gue ibunya. Jadi jangan pernah larang gue buat kerja. Bahkan gue minta uang dulu dari suami gue, sekalipun uang yang diberikan ke gue udah menjadi hak gue.
Ketika gue ke panti asuhan, ke panti jompo, beramal ke siapapun gue lebih seneng pakai hasil usaha gue. Bahkan memberi orang tua, mertua, keluarga gue, keluarga suami, gue ingin memberikan pakai uang gue, dan lebih bahagia bukan kalau suami istri saling memberi ke keluarga. Jadi banyak.. bukan nilainya sih tapi niat memberinya..
Dan hidup gue ga mau Cuma di lingkungan rumah, tapi keluar. Kalau suami punya duit segitu dan karena gue kerja jadi segini kan enak tuh jalan-jalannya. :D”

Nah terus temen gue juga berpendapat, kalo nanti bosen gimana? Gue tipe yang bosenan nih.

Temen gue langsung jawab gini, “tergantung pihak ceweknya juga bisa gak buat suaminya sayang sama dia dan kalau ceweknya sweet otomatis cowoknya juga akan ngimbangin kan.”
Kalo menurut gue masalah bosen enggaknya itu tergantung dari niat awal kalian memutuskan untuk berkomitmen  menikah. Kalo kalian tulus saling sayang lahir bathin pasti setiap hari kalian merasa akan selalu saling jatuh cinta ga peduli jeleknya sifat atau penampilan yang udah ga muda lagi dari masing-masing diri kita. Kalo cinta ya cinta. Terus pasti akan ada celah untuk nutupin rasa bosennya itu. Karena udah ada perasaan saling memiliki.

Temen gue juga nambahin, walaupun cuma kata-kata tapi ini hadist yang ga tipu-tipu wkwk.
“Belum sempurna iman seseorang kalau belum menikah, karena menikah itu menyempurnakan separuh dari agama..”
Sayang banget kan ketika masih ada umur, dan jodoh yang jelas tapi ga mau nikah? Apalagi udah meninggal duluan. Sayang banget agama kita masih separo :”D

Rada berat ya pembahasan anak usia 20-an ini :D soalnya baru kali ini gue denger temen gue punya pendapat kaya gitu tentang pernikahan. Menurut gue, pernikahan ga seburuk itu dan belum tentu merusak segala yang ada di dalam kehidupan lo walaupun gue belum pernah ngerasain wkwk. Tapi yang gue paham dan pernah gue liat, justru pernikahan itu bisa mendatangkan banyak rezeki. Tergantung nanti suaminya gimana, kalo support kita tetep bisa berkarya dan produktif kok yang penting kan bisa tau mana kewajiban kita dan mana yang harus diprioritaskan. Tergantung sih, gimana nanti pinter-pinter kerjasamanya sama pasangan kita tentang rumah tangga, anak, dll, dari awal harusnya udah ada bahasan terkait itu kan ya. Haha apasih asli gua soktau tapi yang gua amati sih begitu wkwkwk. Pernikahan itu kan juga menyempurnakan agama kita, berbakti sama suami juga dapet pahala kan, bukan berarti kita berujung sia-sia tapi kita menjalankan perintah Allah, berkasih sayang, mempuanyai visi misi bersama dalam menjalani hidup sampai nanti bersama-sama bisa membangun rumah di syurga.

Sebenernya ga ada yang salah sama nikah muda. Pernikahan itu suci dan fitrah, ketika lo mampu secara lahir batin ya jalankan jangan ditunda. (gaya banget sih ini omongan gue). Namanya rezeki mah udah diatur ya, ga usah takut lo Cuma bakal berujung di dapur, apa salahnya bisa nyiapin makanan enak buat keluarga, apa salahnya bisa memberikan gizi terbaik untuk keluarga, apa salahnya bisa memberikan warna di rumah dengan penuh rasa hangat.
Pernikahan sebenrnya bukan penghambat kita untuk berkarya dan maju, pernikahan itu seperti suatu perjalanan dalam hidup kita yang kita sendiri memiliki peran penting di dalamnya menyangkut tanggung jawab dan rasa saling memiliki dalam visi misi membangun rumah tangga yang indah dan penuh berkah.

Intinya sih kuatin pemahamannya aja dulu, jangan asal berani nikah tapi ga paham. Ga punya ilmunya. Kosongan, tapi gamau belajar, kan jadi repot ya hehe.

It’s just sharing ya guys, don’t think too much. Jangan mikir berat-berat, gue juga belum pengalaman wkwk cuma liat dari keseharian aja sih di lingkungan sekitar hehe

Semoga bermanfaat ya! Pupuk ilmu dulu yuk sebelum melangkah :)
Semoga segera didekatkan dengan jodohnya yaaa hihi :)

Komentar