NanoNano Perkuliahan :)

Hai kali ini gue mau bahas kuliah gue di malang. Hm apa ya? Biasa-biasa aja sih sebenernya. Btw, gue kuliah di Universitas Brawijaya Malang Fakultas Ilmu Budaya jurusan Pend.Bahasa Jepang angkatan 2013. Well, gue udah semester tua, dan ini tahun terakhir gue harus menyelesaikan studi gue di malang. Banyak banget suka duka yang gue rasain selama gue kuliah di malang. Dari yang bikin sedih sampe nangis juga banyak banget lah haha. Gue kuliah jurusan pend.bahasa jepang. Kenapa gue pilih itu? Yap, ini adalah pilihan terakhir gue waktu gue ikut jalur sbmptn semacam tes tertulis gitu. Entah kenapa malah keterimanya disini, gue tadinya lebih interest ke sastra karena gue seneng bakal pelajarin kebudayaan macem-macem tentang jepang, tapi ternyata karena gue ambil pendidikannya dan ini adalah jurusan yang terhitung masih baru di kampus gue jadi gue tetep harus belajar skill bahasa jepangnya dari dasar, but ga dasar-dasar banget sih, dari awal kaya udah disuntik ilmu untuk terus ngejar materi biar ga ketinggalan dan pada semester keberapa gitu, tadinya jurusan gue namanya pendidikan bahasa dan sastra jepang tapi karena di kampus gue juga ada jurusan sastra jepang dan jurusan gue lebih difokuskan ke pendidikannya jadi sastranya dihapuskan, so jurusan gue sekarang jadi pendidikan bahasa jepang, walaupun gue tetep belajar sastra sih dari mulai pengantar kesustraan umum, kesusastraan jepang sampai apresiasi kesusastraan jepang tapi angkatan gue adalah angkatan terakhir yang boleh ambil skripsi tentang sastra. 5 semester gue diisi sama materi kemampuan bahasa jepangnya mulai dari nulis, baca, tata bahasa sampai berbicara dan ada tingkatan levelnya tersendiri di setiap semester jadi harus bener-bener fokus deh belajarnya :”) selama 5 semester itu juga ada materi kuliah tambahan gitu kaya pengantar pendidikan, kepemimpinan pendidikan, bahasa cina, kebudayaan jepang, sejarah jepang, pengantar kesusastraan, pengantar linguistik, kesusastraan jepang, linguistik jepang, dll. Masuk semester 6 lebih dalem lagi tentang profesi dan kependidikannya, udah agak mulai ringan di semester 6 ini lebih berat ke matkul micro teaching sama metode pendidikan, di matkul micro teaching kita belajar untuk membuat rencana proses pembelajaran yang baik itu gimana terus praktek secara langsung menjelaskan materi ajar kita di depan temen-temen, jadi temen-temen bakal jadi murid kita dan nguji kemampuan kita dalam mengajar, seru sih belajar seputar dunia kependidikan itu kita jadi tau materi yang cocok untuk diterima siswa itu seperti apa dan teknik lapangnya dalam mengajar itu bagaimana. Nah di semester 7 ini implementasi nyata lo bener-bener jadi guru di sekolah, di semester 7 ada mata kuliah PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) jadi beberapa mahasiswa dibentuk jadi tim terus dikirim ke beberapa sekolah yang ada di sekitar malang sampai batu, pada kesempatan PPL ini mahasiswa harus mampu mengimplementasikan ilmu kependidikan yang sebelumnya sudah dipelajari baik secara teknis maupun teori. Selain PPL ada juga KKN nih, KKN itu Kuliah Kerja Nyata haha KKN ini biasanya harus diikutin sebelum PPL dan bakal jadi syarat buat sempro gitu sih. Sebenernya ada magang dan KKN tapi gue lebih milih KKN kalo magang itu kerja langsung di perusahaan, kalo KKN turun ke masyarakat ke desa-desa gitu, gatau kenapa gue lebih interest ke masyarakat sih, tapi ternyata malah banyak nyantainya di tempat KKN haha, gue sempet bahas tentang KKN gue kok di blog gue sebelumnya  jurusan gue emang paling beda, kalo jurusan lain semester 7 udah boleh ambil skripsi tapi jurusan gue belum boleh hehe soalnya harus fokus PPL dulu jadi wajib skripsian di semester 8 :”)

selama kuliah intinya harus bener-bener fokus sih belajarnya sama pinter-pinter bagi waktu belajarnya. Jangan remehin waktu belajar, belajar itu penting banget dan lo harus sering-sering review materi kuliah biar nyantol banget di otak haha. Tapi gue bersyukur sih pernah belajar tentang kependidikan, gue jadi tau standar mengajar yang baik seperti apa, bahan ajar yang sesuai itu seperti apa, dan ternyata ilmu kependidikan itu sangat luas. Tapi yang paling penting emang prakteknya sih, percuma ilmunya udah bagus tapi prakteknya ga sesuai sama apa yang dipelajarin. Kalo bisa di setiap semester itu bikin target, karena akan ada syarat tempuh sks menuju skripsi dan lulus kuliah jadi harus banget tuh perhatiin hal-hal detail seputar keakademikan. Jangan malu buat nanya-nanya tentang keakademikan baik sama senior maupun dosen pembimbing akademik, share aja lo mau ambil matkul apa dan sesuai sama kemampuan lo apa ga gitu, jangan sampe pusing-pusing di akhir kaya gue hehe.

Semangat deh kuliahnya! Semangat berjuang! Dunia perkuliahan itu lahan perjuangan kita banget deh, lahan pembelajaran dan pengembangan softskill kita. Di dunia perkuliahan gue bener-bener menyadari bahwa segala sesuatunya harus kita perjuangkan sesakit apapun itu. *tsaaaahhh.

Semangat skripsiannya ya para pejuang skripsi dimanapun kalian berada hehe :)
semoga bermanfaat ya!

Komentar