Sharing :)

Subuh tadi ga sengaja iseng pas buka-buka instagram ada pak ridwan kamil lagi live on ig karena gue ngefans banget sama beliau gue liat lah livenya dan ternyata beliau lagi ngisi tausiyah ba’da sholat subuh berjamaah di salah satu masjid yang ada di bandung, kece banget bapak satu ini selalu menginspirasi dimanapun beliau berada dan isi tausiyahnya lebih ke umum gitu, teteup tentang bandung juga beliau masukkan di pembahasannya, beliau juga sempat menyinggung tentang kurangnya jumlah anak muda yang dateng ke masjid haha bener banget! Dimana-mana kalo ke masjid pasti isinya orang tua sama kakek-kakek, anak mudanya mana? Itu juga yang gue rasain di musola sekitar kosan gue, jarang banget yang adzannya anak muda, pasti bapak-bapak terus. Padahal jumlah anak muda di gangnya tuh banyak.

Di dalam tausiyahnya, beliau juga bilang tentang ide pembangunan yang beliau dapet dari preman di sekitaran kota bandung, beliau bilang bahwa kita jangan meremehkan orang lain, siapapun dia, apapun profesinya tetap harus kita hargai, ilmu itu bisa datang dari siapa saja dan dimana saja, karena setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah.
Gue setuju banget sama pendapat itu, jangan merasa melangit ketika sudah mencapai suatu capaian yang hebat sehingga ga mau dengerin orang lain, kita bisa belajar banyak dari orang lain dengan karakternya yang berbeda-beda. Pengalaman berharga yang gue dapetin ketika di dunia kampus pun begitu, gue ngerasa gue banyak banget dapat ilmu dari orang lain dari temen-temen gue dari senior-senior gue, gimana mereka mampu mengadapi tantangan-tantangan di dalam hidupnya. Karena pada dasarnya setiap orang itu punya permasalahannya masing-masing dan mereka punya cara untuk mengatasinya masing-masing, kadang ada yang pilih terbelenggu atas kesedihannya dan merasa dia yang paling menyedihkan di seluruh dunia, kadang ada yang bangkit tetap berjalan menghadapi tantangannya dengan bijak. Itu pilihan guys. Setiap orang punya pilihannya masing-masing, tapi hidup harus tetap berjalan, karena berlama-lama sedih pun belum tentu bisa menghapus luka. Trying to make something! Spent your time with positive people. Gue bener-bener bersyukur banget dipertemukan dengan orang-orang yang baik yang selalu berpikiran positif sepahit apapun kehidupannya tapi mereka selalu punya ruang untuk make a joke and laugh together. Ga ada hambatan untuk bahagia sih intinya kalo lo mau bahagia ya ayuk bahagia jangan sedih dipendem sampe jadi batu J

Menurut gue juga tempat untuk belajar itu ga selalu harus di tempat yang formal-formal, di pinggir jalan pun bisa jadi tempat pembelajaran yang seru dan lo bisa dapetin banyak ilmu di sekitar lo dimanapun. Misal di pasar, kita bakal liat gimana serunya para pedagang bekerja keras untuk mengusahakan yang terbaik demi dagangannya gimana cara mereka berinteraksi sama konsumen supaya konsumen mau beli dagangannya, bagaimana terjalinnya hubungan yang harmonis antara pedangan dan pembeli sehingga munculnya komunikasi aktif yang terarah hehe mulai dari hal-hal kecil dulu aja kita bakal nemuin banyak good impact di sekitar kita J karena hidup Cuma sekali, sia-sia banget kalo kita abisin buat bergalau ria dan sedih tersedu-sedu haha. Pembahasan kali ini agak random ya gapapa biar seru haha soalnya gue terinspirasi banget sama pembahasan kang ridwan kamil tadi subuh hehe intinya sih jadikan setiap tempat sebagai wadah pembelajaran kita dan jangan ragu untuk berbagi kebaikan-kebaikan yang kita temui J happy weekend guys! J

Komentar